Kamis, Mei 29, 2008

Menghitung masa subur

Masa subur pada wanita penting diketahui untuk kamu yang sedang berusaha untuk punya bayi atau kamu yang menjalankan metoda KB dengan sistem penanggalan.
Karena lamanya siklus menstruasi tiap wanita berbeda, kamu perlu mencatat selama beberapa bulan kapan tanggal kamu mulai menstruasi tiap bulannya.
Hari pertama menstruasi (H+1) menandakan siklus menstruasi kamu saat sebagian dinding rahim luruh dan keluar sebagai darah mens.

Umumnya lama siklus menstruasi berkisar antara 25-35 hari, jadi ada juga yang dalam sebulan bisa dapet mens 2 kali. Kan sebulan ada 30-31 hari.
Kapan masa subur kamu?
Umumnya masa subur tiap wanita terjadi 14 hari sebelum mens yang akan datang.

Contohnya siklus mens kamu setiap 30 hari.
Jadi kamu mendapat mens pada tanggal 1 April, bulan berikutnya mens kamu datang tanggal 1 Mei. (dari 1 April ke 1 Mei = 30 hari)

So... perkiraan masa subur kamu adalah sekitar tanggal 1 Mei dikurangi 14 hari = 16 April.

Gimana kalo siklus mens kamu berubah-ubah, kadang dapetnya tiap 28 hari sekali, atau bulan depan jadi 30 hari?
Nah itulah... makanya tadi dibilang penting untuk mencatat di kalendar kapan tiap bulan kapan kamu dapet mens.
Kalo siklus mens kamu tidak menentu ya paling bisa dibikin perkiraan sekitar tanggal kapan masa subur kamu.

Masa subur itu maksudnya apa sih?
Masa subur atau istilah medisnya ovulasi, adalah waktu dimana sel telur kamu dikeluarkan dari tempatnya (indung telur=ovarium) , trus dari situ dia masuk ke saluran telur menuju rahim (=uterus).

Kalo kamu pengen dan sedang berusaha punya bayi, saat itulah dia nunggu sperma yang masuk untuk dibuahi.
Tapi kalo kamu sedang menjalankan metoda KB, saat masa subur itulah kamu mesti hati-hati supaya jangan ada sperma yang masuk (pake kondom kalau pria, atau pake diafragma untuk perempuan).
Biasanya saat masa subur ini juga lendir yang dihasilkan vagina lebih banyak dan encer. Kalo cewe pasti kerasanya lebih 'basah'.
Juga bisa diketahui kalo kamu melakukan pengukuran suhu tubuh setiap hari selama sebulan (tiap bangun tidur), nah saat ovulasi terjadi biasanya suhu tubuh lebih meningkat (sedikit) dari sebelum terjadi ovulasi.

Berapa lama masa subur ini berpotensi untuk terjadi bayi ?
Gak lama, cuman sekitar beberapa jam aja dari ovulasi.
Jadi setelah 24 jam ovulasi gak ada sperma yang membuahi ya dia bakalan 'expired'. Yang artinya kalo ada sperma yang masuk setelah lewat 24 jam masa ovulasi terjadi, kemungkinan besar tidak akan dibuahi jadi bayi entarnya.

Tapi perlu kamu ketahui, bahwa sperma itu bisa tahan 3-5 hari di rahim (betah kali ye?!) bahkan menurut literatur ada yang bisa sampai satu minggu.
Yang artinya kalo kamu melakukan hubungan sex tanpa kondom 3 hari sebelum terjadi masa subur masih bisa berpotensi untuk hamil.

Tidak ada komentar: