Kamis, Maret 27, 2008

Diet : Food Combining

Banyak kasus gangguan saluran cerna dalam masyarakat kita sekarang, hingga hampir dianggap keluhan yang normal. Nyeri lambung, mual, kembung, akibatnya konsumsi obat-obatan untuk gangguan lambung seperti Antasida, Ranitidin, Omeprazole dst, yang belum tentu aman untuk pemakaian jangka panjang.
Bukankah lebih bijaksana jika kita menghilangkan penyebab dari gangguan tersebut daripada terus menerus mengkonsumsi obat untuk menghilangkan gejala ?
Prinsip dari diet Food Combining (=kombinasi makanan) adalah keseimbangan kimiawi asam-basa dalam saluran pencernaan.
Kombinasi makanan yang tepat adalah dasar terciptanya gizi / nutrisi yang optimal untuk tubuh karena sistem pencernaan bekerja sebagaimana mestinya, dan makanan yang kita makan tidak kehilangan nilai nutrisinya.

Teori food combining atau kombinasi makanan menyatakan bahwa kelompok makanan tertentu membutuhkan waktu cerna yang berbeda.
Kombinasi makanan penting untuk terciptanya pencernaan yang baik, karena beberapa makanan membutuhkan enzim pencernaan yang berbeda dalam saluran cerna.

Sifat makanan sendiri ada yang Basa dan Asam dalam tubuh.
(Kita telah belajar di bangku sekolah dulu jika Asam dan Basa bertemu akan menghasilkan senyawa yang sifatnya Netral) sifat saling mengnetralkan inilah yang dapat mengganggu jalannya pencernaan jika kita mengkonsumsi makanan yang bersifat Asam dan Basa dalam waktu bersamaan.


Makanan berprotein tinggi (daging, telur) membutuhkan suasana yang asam dalam saluran cerna, sementara karbohidrat ( serat, buah, gula) dan lemak membutuhkan suasana basa untuk dapat dicerna.
Saat serat dikonsumsi bersama dengan protein, akan menstimulasi enzim pencernaan yang efeknya berlawanan, sehingga makanan tidak tercerna dengan baik.
Dari situ bisa menimbulkan keluhan seperti perasaan tidak enak pada perut/lambung, kembung, banyak buang gas/ sendawa, dan penyerapan makanan yang jelek.

Makanan yang cepat dicerna seperti buah contohnya, sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong - atau 6 hingga 8 jam setelah makan makanan berat.

Yang penting diingat :
1. Serat jangan digabung dengan Protein tinggi (Serat X Protein)
2. Karbohidrat dimakan terpisah dengan Protein (Karbohidrat X Protein)
3. Protein dimakan terpisah dengan Lemak (Protein X Lemak)
4. Protein dan Buah (Gula) jangan digabung (Protein X Buah)
5. Lupakan makanan penutup, makanan utama cukup membebani saluran cerna kita.

Baca juga tentang Natural Colon Cleanse | Body Detox | Weight Loss Supplementary

Tidak ada komentar: