Rabu, Maret 26, 2008

Demam, tidak selalu DBD

Badan terasa panas, ada bintik-bintik merah di bagian lengan, apakah itu merupakan gejala demam berdarah dengue atau DBD?
Bisa ya, bisa tidak.
Memang umumnya DBD disertai panas badan (kenaikan suhu mendadak) , tetapi ada juga DBD yang tidak disertai panas badan.
Penderita hanya merasa lemas dan seluruh badan terasa nyeri, lalu ketika diperiksa darah hasil trombosit 15.000/mm3.

[ Nilai normal trombosit seharusnya diatas 150.000/mm3 jika berkurang menunjukkan adanya berkurangnya produksi trombosit atau bertambahnya penghancuran trombosit, karena infeksi misalnya ]

Apakah penderita DBD harus selalu dirawat?
Tidak. Penderita DBD derajat ringan boleh dirawat di rumah, tetapi harus diawasi dengan ketat.
Umumnya dokter menyarankan untuk dirawat di Rumah Sakit jika pemeriksaan Trombosit dibawah 100.000/mm3 agar jumlah cairan yang masuk bisa diawasi. Tetapi jika tanda perdarahan ringan dan jumlah Trombosit antara 100.000-150.000/mm3 penderita dapat dirawat dengan syarat , kesadaran baik, tidak ada muntah-muntah.
Disarankan untuk segera ke Rumah Sakit jika terdapat tanda-tanda perburukan ( kondisi semakin lemas, tangan & kaki terasa dingin, ada muntah / muntah darah, buang air besar berwarna coklat kehitaman).


Yang perlu diketahui bila anak demam :

1. Kompres dengan waslap basah (gunakan air hangat, jangan air dingin!)
Waslap bisa diletakkan di dahi atau ketiak.
Jika baju anak basah karena keringat, segera ganti dengan baju yang kering.
2. Beri minum, dengan porsi sedikit tetapi frekuensi sering.
Anak yang demam biasanya juga kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), sehingga cairan perlu diganti dengan minum. (Minuman tidak harus berupa air putih, boleh air campur madu, atau air buah, atau kuah sayur).
3. Beri obat penurun panas.
Obat penurun panas atau anti-piretik yang dijual bebas umumnya mengandung Parasetamol. Dosis yang tepat untuk anak adalah 10-15 mg per kilogram Berat Badan.
Obat Parasetamol sirup mengandung 125 mg per 1 sendok teh (=5 ml).
Jika berat anak anda 10 kg berarti pemberian Parasetamol sirup cukup 1 sendok teh. Tablet untuk dewasa mengandung 500 mg Parasetamol, jika berat badan anak anda 20-25 kg berarti dapat diberikan setengah tablet Parasetamol.

Tidak ada komentar: